5 Langkah Mudah Cara Menggoreng Telur dengan Rice Cooker

Cara menggoreng telur dengan rice cooker sebenarnya sudah banyak dibahas namun jika Anda masih juga penasaran maka tidak ada salahnya untuk diulas kembali. 

Fungsi utama rice cooker adalah untuk menanak nasi dan kemudian dengan fitur penghangat rice cooker mampu menjaga nasi tetap hangat dan enak selama kurang lebih 24 jam.

Namun ternyata dengan perkembangannya, fungsi rice cooker juga ikut bertambah yaitu tak hanya sekedar untuk menanak nasi tapi juga bisa digunakan untuk mengukus. 

Kenyataanya, kebutuhan masak memasak tidak hanya terbatas pada menanak nasi dan mengukus saja tapi juga ada merebus, menggoreng atau bahkan memanggang. Saat ini untuk memenuhi kebutuhan tersebut orang menjadi kreatif saja terutama para anak kos saat akhir bulan.

Aneka Fungsi dan Pemanfaatan Rice Cooker

Langkah Mudah Cara Menggoreng Telur dengan Rice Cooker
Langkah Mudah Cara Menggoreng Telur dengan Rice Cooker

Siapa bilang rice cooker hanya untuk menanak nasi dan mengukus saja karena ternyata rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat kue, merebus telur, membuat mie rebus ala anak kos bahkan teflon rice cooker juga bisa dimanfaatkan untuk menggoreng. Berikut adalah beberapa daftar fungsi rice cooker yang bisa Anda manfaatkan.


  • Rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat kue seperti brownies, cara membuat brownies kukus menggunakan rice cooker juga ternyata relatif mudah.
  • Selain untuk membuat brownies, jenis rice cooker apa saja juga bisa digunakan untuk membuat pancake, cara membuat pancake dengan rice cooker caranya hampir mirip dengan cara membuat brownies dengan rice cooker.
  • Anak kos memang paling kreatif ketika akhir bulan, ketika hanya memiliki stok mie instant maka dengan berbekal rice cooker tak hanya mie instant, mereka juga bisa menemukan cara merebus telur dengan rice cooker.
  •  Jika Anda bosan dengan nasi putih, apapun jenis rice cooker yang Anda miliki di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk memasak aneka jenis nasi, seperti nasi liwet, nasi kuning, nasi gurih bahkan beras ketan juga bisa diolah menjadi aneka panganan dengan menggunakan rice cooker, seperti contohnya wajik dan lemper.


Cara Menggoreng dengan Rice Cooker

Baca Juga: Cara Memasak Nasi Agar Tidak Lengket di Rice Cooker

Apakah sudah bosan dengan telur di rebus? Ternyata rice cooker juga bisa dimanfaatkan untuk menggoreng telur dan caranya ternyata tidaklah sulit dan berikut adalah langkah-langkahnya.


  • Langkah pertama adalah siapkan segala jenis bahan yang dibutuhkan seperti telur dan minyak goreng. Jika ingin membuat telur dadar maka, kocok terlebih dahul telur dengan tambahan sesuai selera seperti daun bawang ataupun aneka sayuran.
  • Setelah itu masukkan panci rice cooker ke dalam rice cooker dan hubungkan rice cooker dengan listrik lalu tekan tombol ‘cook’ biarkan rice cooker cukup panas seperti halnya Anda memanaskan wajan.
  • Jika teflon sudak cukup panas bisa masukkan minyak goreng, margarin ataupun olive oil ke dalam panci rice cooker.
  • Selanjutnya masukkan telur dan mulailah proses menggoreng seperti biasa. Boleh ditambah garam sesuai selera. Bolak balik telur agar tidak gosong dan tunggu sampai telur matang.
  • Setelah telur matang, angkat dan kembalikan tombol rice cooker pada posisi ‘warm’ baru kabel dari penghubung listrik sebelum mengangkat panci rice cooker.


Cara menggoreng dengan rice cooker ternyata sangat mudah untuk dilakukan bukan. Selain menggoreng telur, Anda juga bisa memanfaatkan rice cooker Anda untuk menggoreng yang lain seperti pisang goreng ataupun yang lainnya. 

Namun berhati-hatilah dengan panci rice cooker terkelupas karena jika demikian maka proses penggorengan bisa terhambat karena akan jadi lengket dan bahkan telur bisa tidak matang sempurna.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama