Kelebihan dan Kekurangan Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Kelebihan dan kekurangan memasak nasi menggunakan rice cooker sudah sering sekali di bahas namun tentunya sebagai pemakai rice cooker Anda harus tahu apa saja yang menjadi keuntungan dan kekurangan yang Anda dapatkan ketika menggunakan rice cooker. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi rice cooker sebagai alat memasak nasi sudah menjadi kebutuhan primer kebanyakan rumah tangga dan remaja putri bahkan para priapun dimudahkan dengan adanya rice cooker ini. 

Namun dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh perangkat elektronik ini ada juga kekurangannya yang kebanyakan tidak disadari oleh para penggunannya.

Kelebihan Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Kelebihan dan Kekurangan Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Terdapat banyak sekali jenis rice cooker yang bisa Anda temui di pasaran dan harganyapun bermacam-macam. 

Untuk jenis magic com yang convensional biasanya harganya lebih murah dari yang jenis digital namun secara fungsi mereka sama saja. Berikut adalah beberapa kelebihan dari cara memasak nasi dengan rice cooker.

1. Menghemat Waktu

Memasak nasi menggunakan  rice cooker sangat menghemat waktu, anda hanya perlu mencuci beras dan menaruh beras di rice cooker lalu menekan tombol cook dan rice cooker akan memasak nasi dengan sendirinya.

2. Nasi Bisa Tahan Lama

Semua jenis rice cooker saat ini sudah dilengkapi dengan pemanas nasi sehingga nasi bisa tahan lebih lama dan tetap hangat ketika akan disantap. Kalaupun menjadi kering pasti ada yang salah dan cara memperbaiki rice cooker nasi menjadi kering tidaklah sulit.

3. Rice Cooker Bisa Dimanfaatkan untuk Memasak Aneka Nasi

Dahulu kala jika ingin memasak nasi baik nasi kuning,nasi liwet atau nasi lainnya kita perlu menggunakan kompor dan panci.Tapi sekarang kita hanya memerlukan rice cooker.

4. Hemat Gas

Ada kalanya di beberapa daerah gas sangat langka dan memasak nasi dengan rice cooker lebih cepat masak dibandingkan ketika memasak nasi dengan kompor gas yang tentunya sangat boros gas mengingat memasak nasi membutuhkan waktu yang lama, mulai dari mengaron nasi lalu mengukus nasi. Selain itu juga harus ditunggu agar nasi tidak gosong.

5. Hemat Tenaga

Memasak nasi menggunakan rice cooker sangatlah menghemat waktu dan tenaga dibandingkan memasak nasi dengan cara tradisional yang membutuhkan tenaga ekstra. Karena itu anda dapat melakukan aktivitas lain dengan lebih cepat dan efektif.

Kekurangan Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa dibalik segala keuntungannya rice cooker juga memiliki beberapa kekurangan.

1. Tidak Hemat Listrik

Karena rice cooker merupakan peralatan elektronik maka tentunya dibutuhkan listrik untuk menggunakannya. Kebanyakan untuk memasak nasi dibutuhkan watt yang lumayan besar antara 200 – 300 watt tapi ketika nasi sudah masak biasanya hanya membutuhkan watt kurang dari 100. Untuk menyiasatinya sebaiknya pilih jenis rice cooker yang hemat energi atau rendah watt yang biasanya dikeluarkan oleh merk ternama seperti rice cooker Panasonic, rice cooker Miyako, rice cooker Toshiba atau rice cooker Sharp.

2. Bahaya Teflon Rice Cooker

Tentunya Anda sudah mengetahu apa bahaya rice cooker anti lengket ketika panci rice cooker terkelupas. Lapisan anti lengket mengandung zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh jadi harus hati-hati ketika menggunannya. Ada cara merawat panci rice cooker agar awet dan aman digunakan. Namun jika sudah rusak jangan ragu-ragu untuk mengganti teflon rice cooker dengan yang baru.

3. Diperlukan Perawatan Khusus

Cara merawat rice cooker agar awet adalah harus dibersihkan secara sering dan rutin. Memang dibutuhkan perawatan khusus ketika menangani rice cooker atau magic com tapi hasilnya juga rice cooker akan awet dan tahan lama serta menghasilkan nasi yang sehat untuk seluruh keluarga.

Well, ternyata rice cooker juga memiliki kelebihan dan kekurangannya namun tentunya bahkan kekurangannyapun bisa diatasi dengan cara memilih rice cooker yang sehat untuk keluarga sehingga para pengguna rice cooker tidak perlu khawatir karena mereka tetap bisa menyajikan nasi yang sehat untuk seluruh keluarga.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama