2 Cara Membersihkan Kerak Rice Cooker Pada Body dan Panci

Cara membersihkan kerak rice cooker - membersihkan kerak nasi pada panci rice cooker bukanlah perkara mudah tapi juga bukan hal yang tidak bisa dilakukan. 

Cara Membersihkan Kerak Rice Cooker
Cara Membersihkan Kerak Rice Cooker


Sebenarnya membersihkan rice cooker secara teratur lebih disarankan sebelum kerak terbentuk tapi jika hal ini sudah terjadi maka ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan karena memang kerak rice cooker bisa menjadi sangat sulit dibersihkan karena biasanya disebabkan oleh cairan atau nasi yang sudah mengeras maka proses pembersihannya pun tidak mudah. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkannya, walaupun ada cara memperbaiki rice cooker nasi menjadi kering tapi tetap saja perawatan secara rutin lebih dibutuhkan.

Trick Membersihkan Kerak Nasi pada Teflon Rice Cooker

Well, teflon rice cooker merupakan bagian rice cooker yang paling sering ditempeli kerak nasi dan biasanya Bunda harus membersihkan hampir setiap hari ketika Bunda akan memasak nasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membersihkan kerak pada panci rice cooker dengan mudah.

  • Sebelum dibersihkan rendam terlebih dahulu panci rice cooker selama kurang lebih 30 menit. Cara ini sangat efektif membantu melepaskan kerak-kerak nasi yang menempel dan mengeras.
  • Setelah itu cuci dengan menggunakan spons lembut menggunakan cairan khusus pencuci piring. Saat ini sudah ada cairan khusus pencuci piring yang dapat membantu membersihkan kerak secara lebih maksimal. Jangan menggunakan spons kasar ketika membersihkannya jika tidak ingin merasakan bahaya jika panci rice cooker terkelupas.
  • Ketika sudah dicuci bersih maka baru boleh Bunda menggunakannya kembali. Jangan lupa selalu mengeringkan terlebih dahulu panci rice cooker Bunda sebelum memasukkannya ke dalam rice cooker.

Penting sekali bagi Bunda mengetahui cara merawat panci rice cooker yang tepat karena memang bagian ini memiliki fungsi yang sangat penting karena kalau tidak bahaya rice cooker anti lengket akan mengincar Bunda dan keluarga, tapi jika Bunda merawatnya dengan benar, tidak ada yang perlu Bunda khawatirkan.

Cara Membersihkan Rice Cooker dari Kerak

Jika Bunda sudah tahu cara membersihkan kerak dari panci rice cooker sekarang cara membersihkan rice cooker sesuai komponennya agar terbebas dari kerak yang membandel. 

Saat ini memang terdapat beberapa jenis rice cooker, ada yang model klasik namun ada juga yang model digital namun pada dasarnya apapun jenisnya, jika Bunda tidak merawatnya dengan baik selalu saja ada kemungkinan kerak penempel pada bagian-bagian rice cooker terutama pada bagian elemen dalam, pada bagian lempeng tutup dan yang paling sering adalah pada bagian keliling rice cooker.


  • Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah mencabut kabel listrik dari aliran listrik agar proses membersihkan rice cooker lebih mudah.
  • Beberapa jenis magic com memang memiliki model yang kompleks tapi pada dasarnya tetap sama, maka proses membersihkan bisa Bunda mulai dari bagian dalam rice cooker dengan menggunakan lap kering terlebih dahulu.
  • Jika terdapat kerak membandel dalam bagian dalam rice cooker boleh menggunakan lap basah dari cairan cuka yang dicampur dengan backing soda. Campuran cuka dan backing soda mampu melembutkan bagian kerak yang susah dibersihkan. Walaupun ada cara menghilangkan bau pada rice cooker tapi jika Bunda takut cuka meninggalkan bau jika tidak dibersihkan dengan baik, bisa juga menggunakan jeruk nipis.
  • Sebelum membuka tutup elemen yang berkerak pelajari dulu cara membuka elemen tutup magic com agar rice cooker tidak rusak baru dibersihkan.
  • Pada bagian pinggiran rice cooker yang biasanya sulit dijangkau dengan menggunakan lap, bisa menggunakan sikat gigi yang berbulu halus untuk menggosoknya.
  • Jangan menggunakan sikat atau spons kasar ketika membersihkan bagian dalam rice cooker karena goresan dapat mengganggu kinerja rice cooker.

Tips tambahan untuk merawat rice cooker adalah sebaiknya jangan biarkan nasi terlalu lama di dalam rice cooker. 

Pelajari juga cara memasak nasi di magic com agar tidak cepat basi untuk menghindari bau yang tidak sedap akibat nasi yang sudah basi. 

Selain itu maksimal nasi di dalam rice cooker adalah 24 jam selebihnya nasi akan menjadi kering walaupun petunjuk penggunaan rice cooker mengatakan nasi bisa disimpan hingga 48 jam. 

Jadi tak hanya penting untuk mengetahui cara memilih rice cooker yang sehat untuk keluarga tapi juga harus tahu cara merawat rice cooker agar awet.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama