5 Cara Membersihkan Mesin Rice Cooker,magic com dan magic jar

Cara membersihkan mesin rice cooker bukanlah hal yang mudah terutama bagi mereka yang awam dengan peralatan elektronik, tapi bukannya tidak mungkin jika Anda ingin belajar. 

Membersihkan rice ciiker atau magic com secara teratur merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk merawat rice cooker agar awet, namun tentu saja ada harus dilakukan dengan cara membersihkan rice cooker yang benar dan tidak boleh sembarang. 

Apabila Anda berniat membersihkan mesin rice cooker dan ingin rice cooker atau magic com anda berfungsi seperti baru maka anda harus berhati-hati dan mengikuti panduan dengan tepat

Karena jika salah dalam membersihkannya maka bukannya rice cooker menjadi bersih akan tetapi menjadi rusak. 

Mesin rice cooker kotor merupakan salah satu penyebab rice cooker rusak hal ini menandakan si pengguna tidak paham tentang apa yang harus dilakukan untuk merawat rice cooker. 

Cara memasak nasi dengan rice cooker yang salah saja bisa merusak rice cooker apalagi jika rice cooker tidak dirawat dengan semestinya.

Tahapan Cara Membersihkan Mesin Rice Cooker

Cara Membersihkan Mesin Rice Cooker,magic com dan magic jar


Berikut adalah beberapa tahapan ataupun cara membersihan rice cooker yang harus Anda lakukan untuk membersihkan mesin rice cooker agar rice cooker yang Anda miliki dapat berfungsi secara maksimal seperti baru dibeli.

Baca Juga:  4 Cara Memperbaiki Magic Com yang Mati Total Secara Tiba-tiba

langkah Pertama : Matikan Aliran Listrik

Langkah pertama adalah pastikan rice cooker tidak terhubung dengan arus listrik lalu keluarkan panci rice cooker. 

Kalau perlu pelajari juga cara merawat panci rice cooker dan bagaimana tips mencegah panci rice cooker terkelupas karena lapisan teflon rice cooker jika tidak dirawat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Langkah Kedua : Perhatikan penutup dan komponen bagian dalam rice cooker

Ada dua komponen penting pada mesin rice cooker yang harus Anda perhatikan ketika proses membersihkannya yaitu bagian penutup dan bagian dalam rice cooker. 

Pelajari cara membuka elemen tutup magic com yang benar karena di bagian penutup terdapat kabel yang jika salah dalam penangannya bisa saja putus dan rice cooker menjadi rusak. 

Penting bagi Anda untuk membersihkan bagian tutup rice cooker karena biasanya uap air akan masuk kesana dan kalau tidak dibersihkan secara teratur menjadi salah satu penyebab nasi cepat basi. Karena bakteri terkumpul dan tidak dibersihkan karena membersihkan tutup rice cooker merupakan salah satu cara merawat magic com agar nasi tidak cepat basi.

Langkah ketiga : Bersihkan bagian dalam rice cooker

Komponen selanjutnya adalah bagian dalam rice cooker dan cara membersihkan magic com bagian dalam agak susah-susah gampang dan tergantung bagaimana cara Anda menggunakan rice cooker selama ini. 

Kebanyakan orang jarang sekali menjenguk ke dalam bagian dalam rice cooker sehingga jika ada butiran nasi yang menempel tidak segera dibersihkan akibatnya jika dibiarkan terus butiran-butiran nasi tersebut akan menempel, berkerak dan akhirnya dapat menyebabkan karat pada lapisan dalam rice cooker.

Baca Juga : 3 Fungsi Karet Pada Tutup Magic Com Yang Perlu Anda Tahu

Langkah keempat : Periksa Kabel 

Selanjutnya adalah bagian kabel rice cooker. Jika Anda tahu cara mencabut dan memasang kembali kabel rice cooker tidak ada salahnya dibuka untuk dibersihkan karena walaupun kabel rice cooker dilindingi dengan lapisan karet tapi tetap saja jika tidak dibersihkan secara teratur, lapisan debu yang menempel dapat merusak karet pelindung kabel dan membuatnya menjadi rapuh.

Langkah kelima : Bersihkan mesin rice cooker secara keseluruhan

Lakukan pembersihan secara menyuluruh dimana tak hanya fokus pada mesin bagian dalam rice cooker saja tapi juga perhatikan cara membersihkan magic com bagian luar. 

Jika bagian dalamnya bersih tapi bagian luarnya kotor maka sama saja nasi yang dihasilkanpun tidak lagi higienis padahal untuk menjamin kesehatan keluarga Andaseluruh makanan yang disajikan haruslah sehat dan bersih.

Kesimpulan

Apapun jenis magic com yang Anda miliki, kelima langkah di atas adalah cara mudah dalam membersihkan bagian mesin rice cooker karena pada dasarnya rice cooker merupakan salah satu alat elektronik yang sangat penting karena penggunaannya diperlukan setiap hari. 

Bayangkan jika Anda harus belajar cara memasak nasi dengan dBundang setiap hari hanya karena Andamalas membersihkan rice cooker dan akhirnya rice cooker menjadi rusak.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url