6 Bahaya Slow Cooker pada berbagai Jenis Makanan

Bahaya Slow Cooker pada berbagai Jenis Makanan-Slow cooker adalah sebuah solusi yang banyak dipilih oleh para ibu sibuk. Pasalnya, mereka hanya perlu menyiapkan apa saja makan makanan. Kemudian tinggal dimasukkan ke dalam slow cooker, atur waktunya, dan yang terakhir tinggal ditinggal saja.


Dengan begitu, mereka bisa mengerjakan keperluan lainnya yang mungkin lebih mendesak sambil menunggu makanannya tersebut matang. Memang cara seperti ini merupakan cara yang sangat praktis dan tidak membutuhkan tenaga atau menyita waktu. Namun, siapa tahu bahwa kebiasaan tersebut malah menyebabkan terganggunya kesehatan.


Bahkan tidak semua makanan boleh dimasak menggunakan slow cooker. Ada beberapa makanan yang dilarang untuk dimasak menggunakan slow cooker karena akan membuat makanan tersebut berbahaya untuk dikonsumsi.

Bahaya Slow Cooker pada Makanan

Bahaya Slow Cooker pada berbagai Jenis Makanan
 Bahaya Slow Cooker pada Makanan


1. Pasta


Makanan pertama yang bahaya ketika diolah menggunakan slow cooker adalah pasta. Perlu dipahami bahwa pasta dan juga mie akan menyerap cairan ketika diolah sehingga kemudian menyebabkan pasta tersebut akan menjadi lembek pada saat dimasak menggunakan rice cooker.


Oleh sebab itu, Anda harus menghindari memasak pasta di slow cooker jika Anda tidak ingin mengalami kondisi seperti itu, terlebih lagi jika Anda merupakan orang yang sangat suka pasta.


2. Daging Mentah


Daging mentah merupakan salah satu makanan yang butuh waktu lama untuk matang. Memang memasak daging mentah di slow cooker bisa dilakukan. Namun hasil yang akan didapatkan tidak begitu maksimal sehingga juga akan berpengaruh terhadap kualitas dan rasa daging itu sendiri.


Jadi, Anda harus memikirkan kembali ketika hendak memasang daging mentah di slow cooker. Jika Anda merasa bahwa memang rasa tersebut sudah cukup dan tidak akan berdampak negatif, silahkan Anda tetap memasak di sana.


3. Kulit Ayam


Kulit ayam merupakan salah satu makanan favorit kebanyakan orang. Kulit ayam yang dimasak dengan cara yang benar akan mengeluarkan aroma yang begitu nikmat dan teksturnya yang kering. Akan tetapi, berbeda halnya ketika Anda memaskanya di slow cooker.


Hasil yang didapatkan tidak akan maksimal dimana kulit ayam malah menjadi kenyal. Jadi, bagi Anda yang hanya ingin memasak kulit ayam maka jangan masak di slow cooker. Namun ketika hanya ingin memasak daging ayam, maka sisihkan dulu kulitnya.


4. Nasi


Nasi merupakan salah satu makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Memasak nasi memang kebanyakan dilakukan di rice cooker. Akan tetapi tidak untuk dimasak di slow cooker. Ketika Anda tetap memasaknya di slow cooker bisa menyebabkan nasi tidak matang secara sempurna.


5. Olahan Susu


Produk-produk yang berasal dari olahan susu juga tidak dianjurkan untuk dimasak menggunakan slow cooker. Jika Anda memasak produk ini dengan menggunakan slow cooker, malah bisa mengakibatkan produk tersebut malah mengental.


Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda perhatikan resep yang akan Anda masak. Jika memang mengharuskan untuk dairy product maka Anda bisa menambahkan di akhir langkah saja.


6. Seafood


Seafood juga termasuk salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk dimasak menggunakan slow cooker. Bahaya slow cooker terhadap seafood adalah bisa membuat makanan tersebut tidak bisa matang secara sempurna. Bahkan ketika malah dipaksakan bisa menyebabkan makanan seafood akan terlalu matang yang otomatis berpengaruh pada rasa dan selera.

Itulah beberapa Bahaya Slow Cooker pada berbagai Jenis Makanan,Jadi gimana?masih ingin menggunakan Slow Cooker untuk memasak lagi

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama