4 Penyebab Nasi Menjadi Kuning Pada Rice Cooker

Penyebab Nasi Menjadi Kuning Pada Rice- CookerRice cooker juga bukan hanya memiliki fungsi untuk memasak nasi, melainkan juga bisa digunakan untuk memasak daging maupun juga ubi. Hal ini yang mendorong ibu rumah tangga ingin membeli rice cooker. Namun, penggunaan rice cooker dalam jangka waktu yang lama tentu akan menimbulkan permasalahan pada perangkat rice cooker itu sendiri.

Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah nasi menjadi menguning dan basi. Berikut ini simak penjelasan yang akan kami sampaikan mengenai apa saja yang menyababkan nasi menjadi kuning dan basi pada rice cooker.

Penyebab Nasi Menjadi Kuning Pada Rice Cooker

4 Penyebab Nasi Menjadi Kuning Pada Rice Cooker


1. Penguapan yang tidak sempurna

Masalah pertama yang bisa menjadi sebab nasi yang anda masak menguning dan basi adalah karena proses penguapan dalam rice cooker tersebut tidak berjalan dengan sempurna. Penguapan yang tidak sempurna tersebut merupakan akibat dari lubang uap yang tersumbat.

Kondisi seperti ini kemudian akan membuat aliran udara atau uap panas tidak bisa keluar secara maksimal. Kemudian, uap panas tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi air yang kemudian akan membuat nasi anda menjadi menguning dan kemudian basi.

2. Heating plate yang rusak


Penyebab kedua yang bisa membuat nasi anda menjadi kuning dan basi adalah karena bagian heating plate yang sudah rusak. Heating plate merupakan pemanas yang bentuknya seperti piringan. Posisinya berada di bawah tempat panci rice cooker atau rice cooker diletakkan ketika ingin memasak.




Komponen inilah yang memiliki tugas untuk memanaskan atau memasak nasi hingga matang. Bayangkan jika komponen pemanas ini rusak, maka tentu saja ia tidak bisa memanaskan dan menghangatkan secara maksimal sehingga kemudian menyebabkan nasi pada rice cooker anda menjadi menguning dan basi.


3. Tegangan listrik yang tidak stabil

Jika tegangan listrik yang ada di rumah anda tidak stabil, kami sarankan agar anda tidak menggunakan rice cooker. Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui bahwasanya tegangan yang tidak stabil bisa menjadi salah satu penyebab nasi yang ada di rice cooker menguning dan basi. rice cooker harus berada di tegangan 220 volt agar bisa menghangatkan dan memanaskan dengan baik.

Namun, jika ternyata tegangan listrik di rumah anda tidak stabil, maka kami sarankan agar anda jangan mencolokkan rice cooker terlebih dahulu. Jika anda tetap melakukannya, maka kemungkinan besar nasi yang ada di dalam rice cooker anda akan menguning dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

4. Jenis berat yang digunakan

Jenis beras yang akan anda gunakan untuk memasak juga memiliki pengaruh karena menjadi salah satu penyebab nasi menjadi kuning di rice cooker. Jika anda memiliki beras kualitas rendah dan anda ingin memasaknya di rice cooker, maka nanti beras tersebut akan menjadi nasi yang menguning dan tidak jarang mengeluarkan bau yang tidak enak.

Baca Juga: 2 Rice Cooker Penurun Kadar Gula Terbaik

Selain itu, beras yang kualitasnya rendah juga akan menyebabkannya tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama di dalam rice cooker sehingga juga bisa membuatnya cepat menguning.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Safangatul Azam XI RPL
    Safangatul Azam XI RPL 24 Mei 2021 10.53

    baru tahu aku

Add Comment
comment url