13 Langkah Cara Membuat Macaroni Schotel dengan Rice Cooker yang Lezat

Macaroni schotel tentu tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Makanan yang lezat ini begitu menggoda untuk dimakan. Lantas, tahukah kamu darimana macaroni schotel berasal? Macaroni adalah sejenis pasta yang terbuat dari gandum dan berasal dari Italia. Sedangkan kata schotel berasal dari Bahasa Belanda yang berarti piring. Jadi, kesimpulannya macaroni schotel memiliki makna sebagai macaroni yang disajikan di atas piring.

13 Langkah Cara Membuat Macaroni Schotel dengan Rice Cooker yang Lezat


Meskipun macaroni schotel tidak neko-neko disajikan di atas wadah selain piring, namun sebagian orang mungkin mengalami kesulitan untuk membuat macaroni schotel. Sebagian orang tersebut adalah anak rantau yang nge-kost. Mereka memiliki peralatan memasak yang kurang di kamarnya sehingga malas untuk membuat makanan lezat ini. Namun, jangan khawatir ! Terdapat solusi ampuh dengan membuat macaroni schotel di rice cooker. Ya, ada beberapa kegunaan rice cooker selain memasak nasi. Bagaimana caranya? Check this out !

Sebelum membuat macaroni schotel yang lezat, terlebih dahulu siapkan bahan-bahannya. Beberapa di antaranya, yaitu :

Bahan-bahan

  • 100 gram macaroni kering
  • 50 gram kornet (sesuai selera)
  • 200 gram kentang yang telah dipotong-potong dengan ukuran besar
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan tepung bumbu instan
  • 100 gram bawang bombay
  • 1 bungkus bubuk kaldu
  • 100 gram keju
  • 200 mililiter susu putih full cream
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Sedikit minyak untuk menumis
  • Mentega secukupnya
  • Air secukupnya


Ketahui pula petunjuk penggunaan rice cooker. Nah, cara membuat macaroni schotel di rice cooker adalah sebagai berikut. Check this out !

 Cara Membuat Macaroni Schotel dengan Rice Cooker

1.  Masak air di rice cooker dengan memasukkan air ke wadah rice cooker kemudian tekan ‘cook’. Sebelum melakukannya, pertimbangkan bahaya memasak air di magic com atau rice cooker untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Simak juga cara memasak air dengan rice cooker yang benar.

2.  Sesaat kemudian, masukkan macaroni ke dalam air yang dimasak tersebut. Rebus macaroni hingga ¾ matang.

3.  Setelah macaroni selesai dimasak, maka giliran kentang yang direbus dengan rice cooker.

4.  Sembari menunggu kentang direbus, maka iris-irislah bawang bombay secara tipis-tipis. Tujuan dipotong tipis ialah agar rasa dan wangi bawang bombay menyeruak.

5.  Setelah kentang masak dan bawang sudah diiris, maka giiran kentang yang dicincang-cincang kasar (tidak terlalu halus).

6.  Masukkan sedikit minyak dan mentega secukupnya pada wadah atau panci rice cooker, kemudian tumis bawang bombay dengan menekan ‘cook’ dan mengaduk-aduk tumisan. Proses menumis selesai saat sudah ‘warm’.

7.  Setelah ‘warm’, maka cabut colokan rice cooker. Kemudian, masukkan kornet, kentang, macaroni, bubuk kaldu, tepung bumbu instan, garam, merica, dan susu full cream. Aduk hingga tercampur rata.

8.  Masukkan parutan ¾ keju, lalu aduk kembali.

9.  Setelah itu, masukkan telur dan kocok hingga merata

10. Sebagai topping macaroni schotel, parut ¼ keju dan tambahkan di atasnya

11. Masukkan ke rice cooker dan tekan cook. Penting untuk diperhatikan bahwa terkadang dalam proses ini, rice cooker ter’warm’. Oleh karena itu, tekanlah ‘cook’ secara berkala dalam jangka waktu 1 jam.

12. Setelah 1 jam kemudian, angkat dan potong-potong agar mudah dimakan.

13. Sebelum memakan macaroni schotel, ada baiknya kamu mengaplikasikan cara membersihkan penutup rice cooker.

Ituah tadi beberapa langkah untuk membuat macaroni schotel rice cooker ala anak kost. Meskipun hanya menggunakan peralatan sederhana, namun rasa macaroni pastinya tetap enak karena bahan-bahan masakan yang komplit. Sebaiknya gunakan merk rice cooker yang bisa untuk menggoreng. Oleh karena itu, jangan malas bereksperimen masakan meskipun tinggal di kost yang peralatannya serba minim, ya. Ada banyak alternatif untuk membuat masakan yang enak dimakan.

Terima kasih telah menyimak. Selamat membuat macaroni schotel yang lezat !

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama