6 Cara Buat Lontong Plastik di Rice Cooker Paling Mudah

Cara buat lontong plastik di rice cooker ternyata tidak sesulit yang Anda perkirakan. Jika Anda sudah tahu bagaimana cara menanak nasi dengan rice cooker maka membuat lontong plastik bisa dilakukan.

 Lontong adalah salah satu jenis olahan beras atau nasi yang sangat lumrah ditemukan dalam ragam kuliner Indonesia. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda tahu bagaimana cara membuat lontong. Adapun beberapa jenis masakan khas Indonesia yang menggunakan lontong adalah seperti lontong sayur, sate, gado-gado, lotek, pecal dan soto.

Cara Membuat Lontong Plastik dengan Rice Cooker

Cara Buat Lontong Plastik di Rice Cooker


Secara tradisional lontong dibuat dengan menggunakan dandang besar yang diisi air. Beras yang sudah dicuci bersih akan dimasukkan ke dalam kantong plastik atau daun pisang baru kemudian direbus.

 Untuk jenis lain lontong yang menggunakan daun kelapa yang dianyam lebih dikenal dengan sebutan ketupat dan identik sebagai sajian lebaran. Namun jika Anda tidak memiliki dandang di rumah tapi ingin membuat lontong ternyata juga bisa menggunakan rice cooker dan caranyapun sangat mudah.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 2 Gelas Belimbing Beras
  • Air Secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Telenan kayu
  • Makisu atau alat penggulung sushi
  • Plastik wrapper untuk membungkus lontong

Cara Membuat Lonton dengan Rice Cooker:

  1. Pertama-tama tentunya beras harus dicuci bersih terlebih dahulu. Pastikan harus benar-benar bersih karena kalau tidak lontong akan menjadi cepat basi.
  2. Siapkan panci rice cooker. Setelah beras bersih masukkan ke dalam teflon rice cooker dan tambahkan air dengan takaran seperti akan memasak nasi.
  3. Setelah tombol berpindah ke ‘warm’ buka rice cooker segera dan aduk-aduk nasi. Teksturnya masih agak lembek. Keluarkan dari dalam rice cooker dan biarkan agak dingin.
  4. Siapkan telenan kayu, letakkan alat penggulung sushi di atas telenan kayu lalu beri plastik wrapper di atasnya. (baca juga: Cara Menggoreng dengan Rice Cooker)
  5. Nasi yang sudah agak dinging diambil sedikit dan letakkan di atas plastik wrapper dan mulailah menggulung seperti membuat sushi.
  6. Setelah jadi, lontongpun siap untuk disajikan. (baca juga: Cara Membuat Popcorn dengan Rice Cooker)

Lontong dapat bertahan dalam suhu ruang selama 1-2 hari tergantung seberapa bersih Anda mencuci berasnya. Tapi lontong bisa bertahan lebih lama jika disimpan di dalam kulkas.

Manfaatkan Fungsi Rice Cooker Anda di Rumah

Sekarang Anda tahu bahwa rice cooker tak hanya dapat digunakan untuk memasak nasi. Ternyata banyak cara untuk memanfaatkan rice cooker untuk membuat aneka jenis makanan dan cemilan sehat untuk keluarga Anda di rumah. 

Tahukan Anda bahwa cara membuat brownies kusus menggunakan rice cooker juga dapat dilakukan dan cara membuat brownies dengan rice cooker juga relatif sangat mudah dimana Anda tidak memerlukan oven sama sekali untuk membuat brownies yang enak. 

anya dengan mempelajari cara membuat bubur dengan rice cooker, Anda tidak perlu lagi membeli slow cooker atau rice cooker dengan fitur slow cooker karena rice cooker biasa juga bisa untuk memasak bubur dan aneka olahan nasi lainnya seperti nasi kuning, nasi gurih atau nasi uduk sampai nasi hainan.



Jadi tidak heran jika rice cooker dianggap sebagai penemuan abad ini karena alat elektronik yang satu ini memiliki fungsi yang luar biasa selain membantu para ibu rumah tangga menghemat banyak waktu untuk memasak nasi, rice cooker juga sangat mudah untuk dioperasikan dan harganyapun terjangkau, hampir semua rumah di Indonesia memiliki rice cooker dan semakin hari jenis rice cooker dan fitur-fiturnya semakin canggih saja.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama