3 Penyebab Magic Com Berair Dan Solusinya

Ada banyak penyebab magic com berair, tetapi kebanyakan disebabkan oleh kesalahan pengguna sendiri, tidak memperhatikan kebersihan, dan tidak menjaganya dengan baik.

Ketika magic com mulai berair. Sebaiknya Anda memperbaikinya secepat mungkin. JIka tidak diperbaiki maka air akan mengontaminasi nasi sehingga nasi menjadi lembek dan basi.

Bahkan jika sudah parah, nasi tak akan mampu mempertahankan kesegaranya kurang dari setengah hari, Tentunya nasi tidak layak lagi untuk dimakan.

Penyebab Utama Magic Com Berair

Penyebab Magic Com Berair Dan Solusinya


Untuk lebih jelasnya sebelum mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk menangani magic com yang berair yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebab rice cooker rusak sehingga berair.

Tahukah Anda bahwa penyebab utama magic com berair adalah uap air dalam beras yang seharusnya naik ke tutup dan keluar melalui lubang atau yang ditampung di dalam pipa uap tidak dapat bekerja dengan baik sehingga menyebabkan uap air menetes kembali ke dalam beras. hal ini membuat nasi menjadi Tipis dan tipis. Lembek.

Jadi jika hal ini terjadi berikut adalah cara yang paling tepat untuk mengatasinya.

Elemen Pemanas yang Bermasalah

Karena yang bermasalah adalah elemen pemanas pada bagian penutup magic com maka yang pertama kali dilakukan adalah membuka penutup elemennya. 

Cara membuka elemen tutup magic com tidaklah sulit tapi harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa saja ada bagian kabel yang putus dan akhirnya magic com menjadi sama sekali tidak bisa dibuka.

Ketika sudah terbuka bisa menggunakan avometer untuk mengecek apakah elemen berfungsi dengan baik. 
Jika terjadi masalah pada elemen pemanasnya maka jarum avometer tidak akan bergerak sama sekali. Jika demikian maka elemen pemanasnya perlu digantik dengan yang baru dan jika jarum avometer bergerak ke kenan itu artinya elemen masih berfungsi dengan baik. 

Jadi kemungkinan besar masalah bukan terletak pada elemen pemanasnya tapi harus dicari penyebab lain.

Kabel yang Putus

Penyebab lainnya bisa juga karena salah satu kabel yang menghubungkan elemen pemanasnya putus, coba tarik kabel satu persatu dengan hati-hati untuk melihat kabel mana yang putus. Jika memang ada yang putus maka bisa disambung kembali.

Masalah Pada Pengatur Suhu

Jika masih tak ada juga kabel yang putus maka kemungkinan berikutnya adalah terdapat masalah pada pengatur suhu magic com. Suhu yang turun naik dan tidak stabil juga bisa membuat nasi berair dan menjadi cepat basi.

Sekarang Anda tahu bawah pada bagian penutup magic com juga memiliki salah satu komponen penting yang berbentuk elemen pemanas. Jika elemen ini rusak atau tidak berfungsi karena salah satu kabelnya mungkin putus maka hal seperti magic com berair dan nasi cepat basi akan terjadi. Jadi ketika Anda membersihkan magic com bagian dalam dan harus membuka tutup magic com pastikan untuk berhati-hati.

Jika Anda sudah tahu penyebabnya maka segeralah lakukan apa yang menjadi solusi yang tepat. Kondisi seperti ini tak bisa terlalu lama dibiarkan karena selain kualitas nasi yang dihasilkan tidak maksimal magic com Anda juga bisa menjadi cepat rusak. Walaupun memang cara merawat rice cooker agar awet merupakan salah satu solusi paling tepat sebagai tindak pencegahannya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama