5 Cara Memasak Nasi Agar Tidak Kering di Rice cooker

Cara memasak nasi agar tidak kering-sebenarnya tidak sulit bahkan semua jenis rice cooker memang sudah dilengkapi teknologi yang tidak akan membuat nasi menjadi kering ketika dihangatkan di dalam rice cooker.

Namun untuk lebih memastikannya, sebaiknya pelajari cara menanak nasi agar pulen dan tidak cepat kering.

Sebelum rice cooker digunakan sebaiknya Bunda mengetahui kelebihan dan kekurangan memasak nasi dengan rice cooker.

cara memasak nasi di rice cooker agar tidak kering

5 Cara Memasak Nasi Agar Tidak Kering di Rice cooker
Nasi Kering


Walaupun demikian masih saja nasi menjadi kering ketika berada di dalam rice cooker terutama ketika dihangatkan. Berikut ini adalah cara-cara serta tips yang harus bunda ketahui tentang cara memasak nasi di rice cooker agar tidak kering:

Takaran Air

Untuk memasak nasi agar tidak kering hal pertama yang harus Bunda ingat tentang cara menanak nasi dengan rice cooker adalah bahwa takaran airnya harus pas.

Berbeda dengan memasak nasi dengan dandang, dimana bisa mengontrol takaran airnya jika kurang Bunda bisa tambah airnya sementara dengan rice cooker tidak.

Takarannya harus pas, kalau tidak nasi bisa keras dan cepat kering atau justru nasi menjadi sangat lembek.

Uap yang bocor

Ternyata salah satu alasan mengapa nasi menjadi kering adalah rice cooker tidak tertutup rapat. Karena Rice cooker tidak tertutup rapat mengakibatkan uap keluar.

Uap yang seharusnya menjaga nasi tetap lembab keluar dari celah tutup rice cooker yang tidak tertutup rapat sehingga nasi menjadi cepat kering.

Terlalu lama saat menghangatkan nasi

Menghangatkan nasi terlalu lama juga bisa membuat nasi menjadi kering. Baca petunjuk penggunaan rice cooker untuk memastikan berapa lama rice cooker Bunda bisa menghangat nasi.

Ada jenis magic com yang bisa menghangatkan nasi sampai 48 jam tapi kebanyakan hanya 24 jam saja.

Lagi pula sebaiknya selalu sajikan nasi yang segar dan baru di masak setiap hari untuk keluarga Bunda dari pada menyajikan nasi yang sudah dimasak dari hari kemarin.

Panci rice cooker yang rusak

Tahukan Bunda bahwa panci rice cooker terkelupas juga dapat menyebabkan nasi menjadi kering. Jika panci terkelupas butiran nasi akan menempel di dinding-dinding panci teflon rice cooker yang kemudian menjadi kering karena hangus.

Cara mengatasi teflon yang mengelupas adalah dengan cara mengganti panci rice cooker dengan yang baru segera karena bahaya rice cooker anti lengket yang terkelupas justru dapat menyebabkan masalah kesehatan pada keluarga Bunda.

Ada banyak trik dan cara merawat panci rice cooker sehingga bisa awet dan tidak mudah terkelupas.

Penting juga untuk memilih jenis dan merek penanak nasi yang bagus. karena biasanya kualitas lapisan anti lengketnya juga bagus untuk mengurangi risiko bahaya rice cooker terkelupas.

Terdapat Masalah Pada Rice cooker

Bisa juga yang salah adalah pada rice cooker Bunda, cara memperbaiki rice cooker agar nasi tidak  menjadi kering tidaklah mudah.

Sebaiknya Bunda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab utamanya mengapa rice cooker tidak bisa berfungsi dengan baik.

Jagalah kebersihan rice cooker merupakan salah satu cara merawat magic com agar nasi tidak cepat basi dan kering.

Baca Juga:  3 Fungsi Karet Pada Tutup Magic Com Yang Perlu Anda Tahu

Walaupun hampir semua orang tau cara menanak nasi dengan rice cooker. Akan tetapi tidak semua orang sadar bahwa sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan rice cooker serta cara merawat rice cooker  .

rice cooker yang bersih tak hanya akan menghasilkan nasi yang pulen dan enak saja tapi juga nasi yang bersih serta sehat untuk seluruh keluarga Anda.

Sekian dari kami mengenai Cara Memasak Nasi Agar Tidak Kering di Rice cooker

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url