3 Cara Membersihkan Penutup Rice Cooker Dengan Benar

Cara membersihkan penutup rice cooker bukan sesuatu yang mudah dilakukan sehingga jarang sekali orang melakukannya karena kalau tidak hati-hati rice cooker justru bisa rusak dan akhirnya tidak dapat dipakai lagi.


Tenutup rice cooker ternyata tak hanya memiliki fungsi sebagai penutup saja tapi pada bagian penutup rice cooker terdapat komponen pemanas yang membantu menjaga nasi tetap lembab.


Tanpa elemen pemanas tersebut uap air yang naik hanya akan kembali menetes turun ke dalam nasi dan menjadi penyebab magic com berair dan akhirnya nasi menjadi cepat lembek dan basi. Jika terus dibiarkan hal ini bisa menjadi salah satu penyebab rice cooker rusak.


Pentingnya Membersihkan Penutup Rice Cooker


Karena sulit dibersihkan orang lebih memilih untuk menutup mata dan mengabaikan bagian tutup rice cooker padahal bagian ini harus dibersihkan secara rutin. Tidak perlu sering yang penting cukup rutin karena kalau tidak hal-hal seperti berikut ini akan terjadi.

  • Jika tutup rice cooker tidak dibersihkan teratur, uap air yang tadinya menempel di permukaan tutup lama kelamaan akan meninggalkan sisa dan akhirnya menjadi bau.
  • Walaupun sebagian besar uap air akan langsung mengalir ke tabung uap air namun masih ada beberapa yang menempel. Jika dibiarkan lama tidak dibersihkan justru menjadi tempat bakteri bersarang sehingga nasi menjadi cepat basi.
  • Selain itu tutup rice cooker juga memiliki lempeng pemanas yang berfungsi menjaga nasi tetap pulen dan hangat dalam waktu yang lama. Ketika membersihkannya maka Anda dapat sekalian memeriksa kondisi apakah ada yang salah dan jika ada bisa sekalian diperbaiki.

Cara Membersihkan Penutup Rice Cooker

Cara Membersihkan Penutup Rice Cooker Dengan Benar


Jika sudah mengetahui pentingnya membersihkan tutup rice cooker secara teratur langkah selanjutnya adalah mempelajari Cara Membersihkan Tutup Rice Cooker yang benar.


  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian yang terlihat ataupun terjangkau.

    • Pastikan rice cooker sudah tercabut dari aliran listrik ketika proses pembersihan berlangsung. 
    • Untuk membersihkannya bisa menggunakan lap lembab baru kemudian diganti dengan lap kering. 
    • Jika terdapat karat bisa dibersihkan dengan cara menghilangkan karat pada magic com yang menurut Anda paling muda
      2. Jangan lupa untuk mengecek bagian tempat tutup rice cooker bagian atas dan badan rice cooker              bertemu. 

    • Biasanya ada celah dimana nasi sering menempel atau jatuh ketika diambil. 
    • Untuk membersihkannya dengan lap saja tidak cukup tapi gunakanlah sikat gigi untuk menjangkau area-area yang tidak dijangkau oleh jari Anda. 
    • Jika sudah sampai berkerak boleh menggunakan tusuk gigi untuk menyungkil kerak yang disebabkan oleh nasi yang kering.
      3.  Jika Anda tahu cara membuka elemen tutup magic com maka bisa sekalian Anda lakukan untuk             melihat bagian dalam tutup rice cooker. 
    • Lakukan secara hati-hati jika tidak ingin ada kabel atau elemen yang rusak atau putus.
    • Proses yang satu ini tidak perlu dilakukan sering-sering tapi boleh dilakukan sekali dua kali untuk memastikan bahwa tidak ada jamur ataupun uap yang mengering yang menempel karena kalau dibiarkan terlalu lama justru dapat menyebabkan karat.

Mulai sekarang ketika tiba jadwal membersihkan rice cooker tiba jangan lupa bagian penutupnya.

Walaupun tidak dibuka secara rutin setidaknya pastikan kondisi tutup rice cooker benar-benar bersih.

Jangan hanya fokus pada cara merawat rice cooker agar awet atau cara merawat panci rice cooker tapi lupa salah satu bagian terpenting rice cooker yang juga perlu dibersihkan secara rutin.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama