Kekurangan dan Kelebihan Rice Cooker Digital

Rice cooker digital memang tidak terbilang sering digunakan di Indonesia. Namun, kamu dapat menemukan berbagai kelebihan yang ada padanya. 

Kekurangan dan Kelebihan Rice Cooker Digital


Misalnya nasi yang baru matang tetap sama kondisinya dengan nasi yang telah 20 jam berada di rice cooker digital. Benar-benar keren, bukan? Ya, namun kita semua pasti memahami bahwa segala sesuatu yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan. Begitu pula sebaliknya, 

Di bawah ini terdapat kekurangan dari rice cooker digital. Check this out !

Kekurangan rice cooker digital

1. Harganya lebih mahal

Kemudahan dan teknologi canggih yang ditawarkan oleh rice cooker digital tentu akan membuat harganya menjadi lebih mahal daripada jenis rice cooker yang biasa. Ya, rice cooker digital memiliki teknologi yang dapat memperlihatkan jangka waktu nasi berada dalam rice cooker.

Selain dapat digunakan untuk memasak nasi, rice cooker digital juga dapat digunakan untuk membuat kue. Benar-benar keren, bukan? Nah, kekerenan tersebut perlu kamu bayar dengan merogoh kocek lebih dalam lagi. 

Untuk rice cooker digital bermerk panasonic tipe SR ZS185TSR, harganya ±Rp 1.624.900. sedangkan rice cooker digital cosmos harmond technology berharga ±p 560.000. 

Harga dari beberapa rice cooker digital tersebut memang lebih mahal. Namun, ternyata kamu juga dapat menemukan rice cooker digital yang lebih murah, lho. 

Merk apakah itu? Jawabannya yaaitu mito. Terdapat beberapa varian rice cooker digital, diantaranya Mito digital rice cooker R1 yang berharga ±Rp 249.600 sedangkan Mito digital rice cooker R5 seharga ±Rp 345.600. 


2. Membuat kandungan vitamin di nasi menjadi lebih berkurang

Tahukah kamu fakta penting tentang nasi? Selain mengandung karbohidrat, nasi juga ternyata mengandung vitamin, lho. Apa saja jenis vitamin yang terdapat pada nasi? Ada vitamin B1, B2, dan B3. 

Untuk memahaminya, mari kita kupas satu per satu. Vitamin B1 yang memiliki nama lain yaitu tiamina.

Tiamina adalah sebuah vitamin yang memiliki peran dalam metabolisme tubuh. Selain itu, perannya dalam tubuh makhluk hidup ialah pencernaan, sistem saraf, metabolisme karbohidrat, fungsi otot, dan sebagainya. 

Jika tubuh kamu kekurangan B1, maka akan menyebabkan timbulnya penyakit beri-beri, gangguan jantung, otot, otak, pencernaan, dan saraf. 

Vitamin B2 atau riboflavin adalah mikronutrisi yang mudah dicerna, bersifat larut dalam air, dan memiliki peranan kunci dalam menjaga kesehatan pada manusia dan hewan (Wikipedia). 

Fungsi dari vitamin B2 adalah berperan dalam pembakaran zat-zat seperti karbohidrat, protein, dan lemak, menjaga kesehatan bagian tubuh, yaitu kulit, mata, dan saraf, serta pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah. 

Sedangkan, vitamin B3 atau niasin adalah salah satu jenis vitamin B yang bermanfaat dalam kesehatan kulit dan sistem sarah. Selain itu, niasin juga efektif untuk menurunkan kolestrol yang tinggi. Nah, kekurangan vitamin B3 akan menyebabkan munculnya demensia, diare, dan radang pada kulit.

Lantas, apa hubungannya rice cooker digital dengan berkurangnya vitamin terserbut pada nasi? Asumsinya kamu akan nyaman dan terlena dengan rice cooker digital. Kamu akan memasak banyak beras sekaligus dan mengaplikasikan cara memasak nasi dalam jumlah banyak. 

Nah, tentunya beras yang menjadi nasi tersebut akan banyak yang tinggal di panci rice cooker karena tak kunjung dimakan, nah, sifat vitamin B yang tidak tahan panas (termasuk dari rice cooker) akan membuat kandungannya menghilang.


3.Jika Terjadi Kerusakan Akan Sulit di Perbaiki.

Kenapa rice cooker atau magic com digital sulit diperbaiki?

penanak nasi digital sulit diperbaiki karena jarangnya pengguna rice cooker ini yang membuat para teknisi biasa kesulitan memperbaikinya.

4.Banyaknya fitur pada rice cooker digital membuat orang awam bingung

Penanak nasi digitak memiliki banyak sekali fitur-fitur.Hal ini membuat hal menjadi praktis.akan tetapi hal ini juga  membuat magic com digital lebih cepat rusak.

Banyak orang awam yang tidak mengerti funsu fungsi dari fitur-fitur penanak nasi digital yang membuat rice cooker ini mudah rusak di tangan orang awam

5..Sulit menemukan teknisi servis

Di Indonesia pengguna rice cooker digital masih jarang, Ini yang membuat susahnya mencari teknisi jika rice cooker rusak atau terjadi masalah.

Kelebihan rice cooker/Magic Com digital

Dibandingkan magic com biasa rice cooker digital memiliki banyak kelebihan.

1.Praktis

Kenapa praktis? Tentusaja karena banyaknya pilihan settingan yang dapat di atur sesuai selera masing masing

2.Tahan lama

Memasak nasi menggunakan rice cooker digital membuat nasi yang dimasak lebih tahan lama ,tidak bau dan temtunya tidak mengering.

3.Cita Rasa

Salah satu kelebihan rice cooker ini yang paling saya pribadi sukai adalah cita rasa pada nasi.Karena cita rasa nasi akan terjaga dengan baik layaknya memasak menggunakan nasi menggunakan cara tradisional

4.Nasi Tetap fress

Nasi yang dihangatkan menggunakan magic com digital akan menghasilkan nasi tetap fress atau tetap putih tidak menjadi kuning selama 12 jam sehingga rasa nasi masih tetap nikmat di mulut.

5.Lebih cepat

Dengan memasak nasi menggunakan rice cooker digital maka waktu matangnya nasi akan 10-15 menit lebih cepat.

6. Mempunyai Timer

Seperti yang kalian tau rice cooker digital mempunyai timer yang digunakan untuk menandai waktu saat kita memasak nasi yang mengakibatkan kitta lebih efisian dalam mengatur waktu.

7.Memiliki banyak fungsi

Ya benda ini selain memiliki fungsi sebagai penanak nasi, Rice cooker digital bisa juga dugunakan untuk hal lainnya seperti membuat roti,bubur dan lainnya.

8.Hemat Listrik

Teknologi yang digunakan dalam rice cooker digitak adalah teknologi teknologo terbaru dan tercangguh yang membuat penggunaan listrik lebih awet.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan  kekurangan dari rice cooker digital. Intinya, pakailah saja rice cooker digital dengan atas petunjuk penggunaan rice cooker dan pahami cara menanak nasi dengan rice cooker digital ya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama